Follow me @helen.nd

Kamis, 24 Mei 2018

Human Resource Management

Pengertian 

Human Resources Management/Manajemen sumber daya manusia, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal.

Manajemen sumber daya manusia menyangkut :

  • Desain dan implementasi sistem perencanaan 
  • Penyusunan karyawan 
  • Pengembangan karyawan 
  • Pengelolaan karier 
  • Evaluasi kinerja 
  • Kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. 


ERP Model Human Resource Management 

Personel Data Management 


Fitur ini digunakan untuk mengelola seluruh data-data karyawan yang dikelola secara langsung oleh departemen HR. Termasuk ke dalam data karyawan adalah data pekerjaan, data personal, data keluarga, data pendidikan, dan data-data tentang dokumen karyawan yang dipegang oleh HR Department, serta data-data seperti sertifikasi karyawan.

Recruitment & Contract Management 

Fitur ini berfungsi untuk mengelola data-data penerimaan karyawan perusahaan beserta data tentang contractserta data dasar perhitungan penggajian setiap karyawan. Termasuk di dalam fitur ini adalah data-data tentang posisi, status, dan penempatan karyawan pada perusahaan.

Absence (Time) Management 

Merupakan fitur untuk mengelola data kehadiran karyawan setiap bulan yang akan menjadi basis perhitungan gaji karyawan tersebut. Termasuk ke dalam fitur ini adalah data kehadiran, ketidak-hadiran, ijin, dan lembur karyawan.

Payroll Management 


Di dalam fitur ini user menentukan parameter-parameter global dan khusus yang akan digunakan sebagai acuan perhitungan penggajian seluruh karyawan di dalam perusahaan termasuk karyawan pada setiap cabang perusahaan. Sistem akan melakukan perhitungan gaji secara otomatis setiap karyawan setiap bulannya berdasarkan absensi, dan nilai-nilai parameter yang berlaku bagi setiap karyawan berdasarkan posisi, level, dan lain sebagainya. Sistem juga akan melakukan perhitungan PPh dan Jamsostek baik yang harus dibayar perusahaan maupun yang dipotong dari gaji karyawan secara otomatis. Kemudian sistem juga akan secara otomatis menghubungkan transaksi penggajian dengan modul finance & accounting management, sehingga sistem akan menyajikan informasi dan laporan yang tepat waktu dan akurat.

Leave Administration Management 

Modul ini berfungsi untuk mengelola dan mengatur ijin tidak bekerja setiap karyawan dalam perusahaan dengan tipe ijin yang sudah didukung adalah ijin cuti, cuti melahirkan, ijin potong gaji, ijin dinas serta ijin dispensasi. Secara otomatis fitur ini akan terhubung dengan fitur absensi karyawan dan melakukan updatesecara otomatis untuk setiap proses pengajuan ijin yang disetujui. Untuk tipe izin cuti dan atau hamil/melahirkan sistem akan melakukan pencatatan khusus atas histori cuti yang menjadi hak dan telah digunakan oleh setiap karyawan dalam setiap tahun atau periode kontrak karyawan.

Employee/Contract Evaluation & Recommendation 

Fitur ini digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap penilaian seorang karyawan, yang mana penilaian tersebut akan menjadi landasan atas sebuah rekomendasi hasil evaluasi. Kemudian atas sebuah hasil evaluasi, user dapat membuat dokumen rekomendasi untuk digunakan sebagai kelanjutan dari proses evaluasi, yaitu apakah karyawan itu akan diberhentikan, dimutasi, dipromosikan atau hanya dipindahkan ke tugas dan atau departemen lain. Pada dokumen rekomendasi tersebut user dapat mencatat struktur gaji yang baru, dan atau tugas, departemen dan posisi yang baru untuk karyawan yang dievaluasi. Surat Peringatan (SP) Modul ini adalah untuk mencatat pemberian surat peringatan atas seorang karyawan. Fitur ini dibuat fleksibel sehingga user dapat membuat surat peringatan sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan. Fitur ini juga mendukung pernyataan kesalahan yang tidak dapat ditolerir sehingga dengan otomatis akan men-terminate (memutuskan) hubungan kerja atas karyawan tersebut. Dan jika diinginkan akan secara otomatis mencatat status karyawan sebagai “Black Listed”.

Termination 

Fitur ini digunakan untuk melakukan penghentian hubungan kerja antara karyawan dengan perusahaan baik oleh karena habis kontrak maupun karena PHK. Data karyawan yang telah putus hubungan kerja akan tetap berada di dalam sistem dengan status “Terminated” dan data tidak aktif, sehingga dapat digunakan untuk keperluan perpajakan maupun keperluan lainnya.

Personal Loan 

Fitur ini berfungsi untuk mengelola pinjaman karyawan kepada perusahaan baik yang merupakan pinjaman kepada Koperasi, maupun pinjaman langsung kepada keuangan perusahaan. Untuk setiap pinjaman, admin perusahaan dapat mengelola pembayaran tagihan pinjaman karyawan baik melalui pemotongan gaji secara langsung maupun melalui setoran tunai langsung kepada perusahaan. Karyawan dan perusahaan dapat menetapkan besaran cicilan dan periode cicilan sesuai dengan kesepakatan antara peminjam (karyawan) dengan perusahaan (HRD).

Invoice (Hospital Referal) dan integrasi dengan Medical Allowance

Invoice (Hospital Referal) adalah sebuah fitur untuk melakukan pencatatan atas tagihan sebuah Rumah Sakit yang telah menjadi relasi Perusahaan untuk menangani medical allowance karyawan perusahaan. Atas setiap tagihan Rumah Sakit, user dapat menghubungkan dengan pengurangan medical allowance yang dimiliki oleh seorang karyawan dan atau menjadikannya sebuah pinjaman (loan) karyawan apabila ternyata medical allowance karyawan sudah melampaui kuota yang diberikan perusahaan dalam satu periode (tahun atau cotract kerja karyawan).


Manfaat Penerapan ERP Human Resources Management 

Sistem Software HRM akan sangat bermanfaat bagi perusahaan yang memiliki minimal 100 karyawan. Meminimalisir entri data setiap karyawan tentunya sangat memakan waktu jika dilakukan secara manual Setiap karyawan mudah dalam mencari informasi mengenai gaji, progress yang mereka lakukan, kalender kantor, daftar kehadiran, dan data kolega mereka sendiri Software HRM secara berkala dapat meninjau data dan membuat pengaturan yang diperlukan untuk memperbaiki kondisi kerja karyawan dan keseluruhan departemen demi kemajuan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar